Sarana dan Prasarana Perkuliahan

Gedung Dekanat

Gedung Dekanat merupakan sentral kegiatan bagi Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah. Gedung Dekanat Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah terdiri dari 3 lantai, yaitu:

  • Lantai dasar Kantor Dekan, sebelah kiri, terdiri dari empat  ruangan, ruangan paling ujung sebelah kiri ditempati dekan dan tiga  ruangan lainya di tempati para wakil Dekan. Sedangkan lantai dasar ruangan sebelah kanan terdiri dari 5 ruangan. Ruangan 1 di tempati   Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam dan ruangan ke 2 ditempati Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, ruangan ke 3 ditempati  Kasubbag Akmah dan tenaga kependidikan, ruangan ke 4 di tempati oleh Kabag, dan ruangan ke 5 ditempati Kasubbag Keuangan dan Bendahara Fakultas
  • Lantai 2 terdiri atas 4 ruangan, merupakan ruangan perkuliahan Prodi Aqidah dan Filsafat Islam.
  • Lantai 3 terdiri atas 4 ruangan merupakan ruangan perkuliahan Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir.
  • Sedangkan Ruangan D pada Fakultas  Ushuluddin Adab dan Dakwah ruang seminar dan perkuliahan.
  • Di samping itu, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah juga memiliki dua gedung lagi (SBSN dan Lab.) yang berfungsi sebagai ruangan perpustakaan dan laboratorium dan tempat perkulihan.

Gedung Perkuliahan

Fakultas Ushuluddin  Adab dan Dakwah memiliki 3 gedung perkuliahan dengan total 23 ruangan. Seluruh ruangan dilengkapi dengan kursi dan whiteboard untuk perkuliahan. Selain 23 ruangan umum, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah untuk perkuliahan juga terdapat satu ruangan khusus yang dilengkapi fasilitas infocus, yakni ruangan  ujian munaqashah,  selain digunakan untuk perkuliahan,  juga digunakan untuk kegiatan-kegiatan fakultas lainnya.

Laboratorium/Pusat Kajian

Sampai saat ini, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah memiliki 1 unit ruang laboratorium dan pusat kajian. Laboratorium dan pusat kajian merupakan sarana pendukung yang sangat penting dalam sebuah sistem pendidikan, khususnya yang menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan metode Student Centered Learning (lihat uraian pada bab 2). Oleh karena itu, pengadaan dan pengelolaan laboratorium perlu ditingkatkan.

Perpustakaan

Saat ini, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwahsudah memiliki sebuah perpustakaan, namun koleksinya masih sangat terbatas dan belum dikelola secara baik. Perbaikan sarana dan pengelolaan perpustakaan akan menjadi salah satu perhatian utama pihak pengelola Fakultas dan Jurusan.

Sarana Olah Raga

Sebagai bentuk keseriusan Institut terhadap Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah untuk membentuk mahasiswa yang berkualitas di bidang olahraga, Institut menyediakan sarna olah raga yang digunakan oleh mahasiswa untuk mengembangkan  bakatnya di bidang olahraga. Di antanya : Lapangan Ftcall, Volley Ball, Takraw, Panjat Tebing dan Tenis Meja dan Buluh Tangkis.

Perlengkapan/peralatan

Pelaksanaan kerja-kerja Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah didukung oleh perlengkapan/peralatan yang disediakan dan diperbarui secara periodik oleh pengelola Fakultas dan Institut. Perlengkapan/peralatan tersebut diantaranya komputer, soundsystem, perlengkapan/peralatan olah raga, lemari-lemari arsip, dan lainnya.

ATK

Untuk mendukung pelaksanaan program kerja tenaga kependidikan dan dosen, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah juga menyediakan fasilitas ATK dan komsumsi. Fasilitas ini dapat dipergunakan oleh seluruh tenaga kependidikan dan dosen pada jam kerja.