Ilmu Al-quran dan Tafsir

Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir menetapkan visi: “ Unggul dalam Studi Ilmu Alquran dan Tafsir pada Tahun 2035. Salah satu konsekuensi dari visi ini adalah bahwa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir  harus mengembangkan kurikulum sebagai landasan akademik dalam penyelenggaraan proses pembelajaran. Kurikulum yang dimaksud harus mencerminkan Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir  sebagai lembaga yang memiliki kewenangan dan sekaligus kemampuan akademik untuk mengembangkan Pendidikan al-Qur’an dan Tafsir.

Terkait dengan visi di atas, Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir  dituntut untuk: (1) Melaksanakan pendidikan dan pengajaran studi Ilmu Alquran dan Tafsir secara mendalam dan berkelanjutan. (2) Melakukan kegiatan penelitian untuk pengembangan studi ilmu Alquran dan tafsir. (3) Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis ilmu Alquran dan tafsir. (4) Menjalin kerjasama dengan stakeholder dalam rangka pengembangan program studi ilmu Alquran dan tafsir untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Perkembangan masyarakat yang pesat dan semakin kompleks sering berpengaruh pada perkembangan struktur keilmuan (body of knowledge) Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir  menyadari bahwa setiap Jurusan harus meninjau kembali (review) kurikulumnya sehingga proses pembelajaran yang diselenggarakan dapat menjamin standar kualitas lulusan yang compatible dengan perkembangan masyarakat serta tuntutan profesionalisme.

Program Studi/Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir  merupakan salah satu program studi dan Jurusan yang ada di lingkungan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palu.  Program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir ini sesungguhnya merupakan program studi yang sangat prestigious dan prospektif dalam konteks pengembangan dan peningkatan mutu Al-Qur’an dan Tafsir di Perguruan Tinggi dan sekolah/madrasah. Selain itu, program studi ini juga merupakan program studi yang telah lama dinantikan oleh stakeholders dan user.