FUAD, IAIN PALU Menggelar Seminar Internasional

6 Juli 2019, Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah, IAIN Palu menggelar Seminar Internasional bertajuk Islam in the material world: Islamic utopianisme, Consumer Societies and Commodification of religion.

Seminar yang dipandu oleh dosen FUAD, Noorwahid Sofyan, S.IP, MA ini menghadirkan pembicara dari Oxford University: Kevin William Fogg, P.hD.

Bertempat di Aula Fakultas UAD, masing-masing pembicara memaparkan pandangannya terkait topic yang didiskusikan. Rektor IAIN Palu Prof. Dr. Sagaf Pettalongi, M.Pd. sebagai pembicara pertama menegaskan pentingnya moderasi keberislaman sebagai jalan tengah guna mewujudkan visi dan mimpi ideal yang harus digapai di masa depan. Menurutnya, laju peradaban islam justru akan timpang jika cara keberislaman kita lebih condong ke ekstrem kiri atau akstrem kanan.

Kesempatan kedua diberikan kepada Kevin William Fogg, P.hD. yang secara khusus membahas utopia Islam abad ke 20. Presenter yang banyak meneliti tentang sejarah islam di Indonesia ini mengulas pemikiran Sjafruddin Prawira Negara, tentang bagaimana seharusnya muslim Indonesia memaknai dunia material untuk merespon dua ideologi besar seperti kapitalisme dan sosialisme.

Sedangkan pembicara yang ketiga, Dr. Lukman S. Thahir, M.Ag yang juga merupakan Dekan FUAD, memaparkan makalahnya yang berjudul THE “CLOAK” OF CONTEMPORARY SOCIALISM AND CAPITALISM:
[Analysis of Dystopian, Commodification of Religion and Consumer Society].

Dr. Lukman mengulas kekuatan komodifikasi dalam era kapitalisme lanjut yang menjadikan segala sesuatu sebagai komoditas ekonomi termasuk agama. Fenomena dai populer adalah bukti bagaimana kekuatan kapitalisme meraup untung setelah mendompleng di belakang popularitas sang ustadz.

Seminar yang diramaikan oleh mahasiwa FUAD ini berlangsung cukup meriah dan antusias. Setelah semua pembicara diberi kesempatan, seminar dilanjutkan dangan sesi dialysis dan tanya jawab. Kemudian diakhiri dengan pemberian cindera mata kepada setiap pembicara yang diserahkan langsung oleh Wakil Dekan 1 bidang akademik dan kemahasiswaan FUAD, Dr. Rusdin, M. Fil.I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *