Dosen FUAD Luncurkan Buku Pedoman Anti Plagiasi

      Sebagai Wadah Pendidikan yang bernafaskan Islam, IAIN Palu seyogyanya dapat membangun atmosfir belajar yang jujur dan beakhlak mulia. Untuk mendukung itu, diperlukan instrumen sebagai panduan agar mahasiswa terhindar dari  jebakan perilaku negatif ketika belajar maupun dalam mengerjakan tugas. Plagiasi salah satunya.
      Didapati fakta mengenai beberapa mahasiswa terindikasi melakukan tindakan plagiasi pada saat mengerjakan tugas. Dasar pembuktian  tersebut diketahui melalui tes uji plagiasi online yang ada di internet. Kondisi tersebut tentu saja membuat pengajar-pengajar di IAIN Palu mengalami kesulitan dalam menjalankan peran sebagai pendidik dengan standar keilmiahan dan etika akademik yang ada di perguruan tinggi.
     “Iya… mahasiswa itu kalo kerja tugas, pasti banyak yang copy paste. Apalagi kalo tugas makalah. Mereka hanya ambil dari internet lalu copy, paste trus print. Kita Dosen kalo tidak cermat, dicurangi sama mereka. Yang kasihannya itu kalo anak-anak nanti terbiasa dengan copy paste. Akhirnya nanti pas sudah kerja, disuruh berkarya, mereka bingung. Mau bemana? Mau apa? Karena itu tadi terbiasa menyotek. Akhirnya tidak kreatif, tidak inovatif, besok-besok nanti hanya menyontek ji saja andalannya. Makanya kasihan saya kalo hanya membiarkan mereka larut dengan perilaku itu. Yah salah satu caranya adalah saya periksa satu-satu lagi tugasnya dengan teliti. Agak makan waktu memang, tapi mau bagaimana, ya harus begitu jalannya. ” Tutur Ibu Andi Muthia Sari Handayani, S. Psi, M. Psi, dosen FUAD yang menjadi inisiator penyusunan buku saku bebas plagiasi.
      Perilaku plagiasi, meski terkesan sepele, ternyata dapat memberi efek besar dalam membangun mental negatif pada diri calon intelektual di IAIN Palu. Berdasarkan situasi tersebut, IAIN Palu menerbitkan Buku Saku Bebas Plagiasi. penerbitan buku ini bertujuan untuk mencegah tindakan-tindakan plagiasi yang dilakukan oleh mahaiswa/i di lingkungan BKI Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah  khususnya dan IAIN Palu secara keseluruhan.
       Kini buku tersebut sudah dapat diperoleh dengan mengunduh softfile di laman layanan akademik website FUAD IAIN Palu. atau dengan mengunduh langsung dengan mengklik Buku Saku Bebas Plagiasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *