Aqidah Filsafat Islam

Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam merupakan Program Studi di lungkup Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah yang diharapkan dapat mencetak lulusan yang memenuhi kompetensi seperti kemampuan:

  1. Menganalisis wacana filosofis keagamaan dan mengkonstruksi model-model pemahaman keagamaan dalam berbagai aspek berdasarkan konsep-konsep dan teori-teori Aqidah dan Filsafat Islam
  2. Mampu merumuskan masalah filosofis keagamaan dan melakukan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi Aqidah dan Filsafat Islam yang bersifat aplikatif dalam menjawab persoalan keagamaan.
  3. Mampu menulis, memetakan dan mengembangkan wacana-wacana keagamaan masa kini baik yang bersifat tekstual maupun kontekstual, dalam skala global maupun lokal.

Demi mendukung tercapainya kompetensi di atas, selain melaksanakan kegiatan perkuliahan Prodi AFI juga melaksanakan kegiatan-kegiatan lain seperti:

  1. Kegiatan-kegiatan seperti seminar, workshop, penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus dilakukan setiap semester untuk menunjang proses belajar-mengajar antara dosen-mahasiswa demi terciptanya suasana akademik.
  2. Pengenalan kehidupan kampus dilakukan setiap tahun ajaran baru guna menyampaikan proses pembelajaran di PS Aqidah dan Filsafat Islam kepada mahasiswa baru, hak dan kewajiban mereka selama mengikuti perkuliahan di program ini. Acara ini juga digunakan untuk ajang perkenalan dengan Ketua dan Sekretaris PS Aqidah dan Filsafat Islam yang dalam perkuliahan nanti akan sangat berperan penting untuk mengarahkan mahasiswa dalam penyelesaian tugas skripsi mereka. Interaksi dengan ketua Prodi akan semakin intensif dilakukan pada saat pengajuan proposal, permohonan dosen pembimbing dan pembahasan proposal skripsi.
  3. Program kuliah  tamu (mendatangkan pembicara  pakar dari luar institusi dengan membahas topik sesuai Program Studi).
  4. Seminar nasional (baik sebagai penyelenggara maupun pembicara) yang mengangkat tema-tema hangat yang berkaitan dengan program studi (seperti juga tertera dalam sasaran mutu program studi).
  5. Workshop terkait dengan mata kuliah program studi yang diikuti oleh mahasiswa
  6. Temu program Akademik yang dilaksanakan setiap semester. Yaitu kegiatan yang dilakukan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)Aqidah dan Filsafat Islam untuk menyampaikan masukan atau tanggapan atas kualitas layanan yang sudah diberikan oleh dosen dan seluruh staf pegawai PS Aqidah dan Filsafat Islam. Hasil evaluasi ini dapat dijadikan dasar perencanaan proses pembelajaran di masa yang akan datang. Evaluasi proses pembelajaran juga dilakukan melalui survei kepuasan mahasiswa.